Pages

Stik Sukun Dan Keripik Sukun


Disamping kaya akan hasil lautnya Kota Cilacap mempunyai hasil andalan dari pertaniannya yaitu sukun.Sukun mempunyai rasa yang enak dan gurih.Sukun bisa diolah menjadi stik dan keripik yang merupakan oleh-oleh khas Cilacap. Kripik sukun berbentuk tipis sementara stik sukun berbentuk panjang persegi. Keduanya diolah dengan cara digoreng.

Renyah dan gurih adalah rasa khas dari keripik sukun dan stik sukun. Makanan ini bisa ditemukan di toko-toko atau warung yang menjual stik dan keripik sukun di Cilacap,atau  bisa juga ditemukan dengan mudah baik itu di toko oleh-oleh maupun di warung-warung biasa.

Cilacap sendiri merupakan daerah penghasil sukun. Selain diolah di berbagai industri rumahan, buah sukun asal Cilacap banyak dipasok ke kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Bogor.

Satu pohon sukun dapat menghasilkan  50-150 buah. Berat buah sukun rata-rata 2 hingga 4 kilogram dengan harga eceran berkisar antara Rp 2.500 hingga Rp 3.500 per buah tergantung ukuran. Cara mengolah sukun menjadi stik atau kripik pun sangatlah mudah.

Selain diolah menjadi kripik dan stik, sukun juga bisa diolah dengan cara di kukus. Baunya yang khas dan rasanya yang sedikit manis membuat buah yang satu ini diburu para penikmatnya.

No comments:

Post a Comment